Kelas Regular

Pertumbuhan ekonomi regional  di Jawa Barat mencapai 6%  lebih yang ditandai dengan pesatnya pertumbuhan sektor industri, sektor pertanian, sektor perdagangan, pembangunan  prasarana kota dan regional  serta pertumbuhan sektor jasa.

Pertumbuhan ini membawa implikasi yang ditandai pula oleh  besarnya  kebutuhan  . akan sumber daya manusia dalam bentuk tenaga-tenaga   profesional   yang  mampu mengantisipasi   pertumbuhan   yang meningkat  ditinjau  dari aspek kualitatif   maupun dari aspek kuantitatif. Untuk  memenuhi   kebutuhan  tersebut, pendidikan  merupakan   sarana  yang sangat  penting  dalam  mempersiapkan   sumber  daya potensial  berupa  tenaga  kerja yang handal di bidang Perbankan Syari’ah.

Pendidikan  tinggi  sebagai sub sistem  dari  pendidikan  nasional  merupakan   lembaga pendidikan     formal    tertinggi    yang   diharapkan    mampu mencetak lulusan yang mempunyai   kemampuan  intelektual   yang tinggi,  wawasan  berpikir yang  luas serta keterampilan    melaksanakan tugas yang dibebankan  kepadanya.

Dalam upaya menanggapi  dan ikut  berkiprah  terhadap   berbagai permasalahan yang muncul dalam tata laksana dan  pelaksanaan ilmu Perbankan Syari’ah, Yayasan Al Ma’soem Bandung merasa terpanggil   untuk  berpartisipasi   aktif  membantu   pemerintah   di  bidang  pendidikan dengan   berupaya   menyiapkan   tenaga   kerja  yang  berkualifikasi   tinggi   di  bidang Perbankan Syari’ah   melalui  suatu  lembaga pendidikan    yang  bernama  Sekolah Tinggi Ilmu Perbankan Syari’ah (STIBANKS) Al Ma’soem.  STIBANKS ini diharapkan dapat memproduk   tenaga-tenaga  yang handal  dan  profesional  dengan  kualifikasi   sebagai berikut :

  1. Memiliki pengetahuan dasar metodologi ilmu, sehingga  pada saatnya  mampu menerapkan   serta mengembangkan ilmu Perbankan Syari’ah dimana pun ia bekerja;
  2. Mempunyai keahlian       dalam    memecahkan     masalah    Perbankan Syari’ah;
  3. Mampu menyusun perencanaan dan pengorganisasian program  kerja dimana  ia bekerja;
  4. Memiliki kemampuan  pengawasan dalam suatu mekanisme